Sleep Test Mandiri di Rumah, Lebih Mudah dan Hemat!

Tidur tidak hanya diukur dari berapa lama waktu yang kamu habiskan ditempat tidur, tapi juga bagaimana kualitas tidur yang kamu dapatkan. Tidur selama 8 jam sehari tidak langsung menjamin tubuhmu sehat dan berstamina.

Bila kamu sudah tidur cukup setiap hari, namun kamu masih terus menerus merasa letih, mengantuk, dan sulit berkonsentrasi, kemungkinan kamu mengalami gangguan tidur sleep apnea. Kamu perlu melakukan sleep diagnostic test (sleep study) untuk menemukan penyebab gangguan tidur yang kamu alami.

Tenang, kamu tidak harus menginap dirumah sakit untuk melakukan sleep test, karena sleep test juga bisa dilakukan secara mandiri dari rumah lho. Yuk, simak lebih lanjut informasi sleep test mandiri dirumah berikut ini.

Apa Itu Sleep Diagnostic Test?

sleep study dirumah menggunakan resmed apnealink air

Sleep diagnostic test atau memiliki nama lain Polisomnografi dan Sleep Study adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk menemukan penyebab utama suatu gangguan tidur. Saat tidur, aktivitas tubuh akan direkam menggunakan alat uji untuk kemudian dipelajari oleh dokter sebelum memberikan diagnosa gangguan pola tidur yang terjadi.

Selain sebagai tes gangguan tidur sleep test juga ditujukan untuk tes kualitas tidur karena alat uji yang digunakan sepanjang malam akan menampilkan kualitas tidur secara keseluruhan, mulai dari detak jantung, tingkat oksigen, hingga berapa kali dengkuran yang terjadi saat kamu tertidur (overnight sleep study).

Sleep test merupakan cara efektif untuk menemukan penyebab gangguan tidur dan membantu kamu mendapatkan solusi paling tepat untuk masalahmu.

Tempat Melakukan Sleep Diagnostic Test

Sleep test umumnya dilakukan di rumah sakit atau klinik tidur (sleep clinic) karena perlu menggunakan alat uji yang kompleks serta memudahkan pemantauan oleh petugas. Bagi pasien dengan kondisi kesehatan yang memerlukan pendampingan tentunya hal ini tepat dilakukan.

Namun, bagi mereka yang berada dalam kondisi sehat bermalam dirumah sakit dengan satu set sensor alat uji yang menempel pada tubuh dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman. Hal ini justru bisa menyebabkan hasil uji kurang akurat karena pasien merasa tegang dan kesulitan tidur.

Nah, kamu bisa memilih pemeriksaan home sleep test (HST) untuk melakukan sleep test dengan nyaman dari kamarmu sendiri. Home sleep test menggunakan alat uji dengan sensor yang lebih sedikit dan sederhana sehingga mudah untuk digunakan. Tapi tidak perlu khawatir, meskipun dilakukan dari rumah tapi hasil home sleep test tetap akurat dan dapat dijadikan sebagai dasar diagnosis dokter.

Cara Melakukan Sleep Diagnostic Test di Rumah

resmed apnealink air alat uji sleep study terbaik resindo medika

Perubahan tren serba online saat ini mungkin membuat kamu penasaran apakah sleep test bisa dilakukan secara online? Sayangnya, sleep test tidak dapat dilakukan secara online karena memerlukan pemasangan alat uji untuk merekam aktivitas tidurmu.

Online sleep apnea test maupun insomnia test online yang banyak beredar di internet hanya sebatas kuesioner yang menilai kecenderungan gangguan tidur namun tidak dapat dijadikan sebagai dasar diagnosa. Karena itu sebaiknya kamu melakukan sleep diagnostic test secara langsung.

Lalu bagaimana cara melakukan sleep study di rumah?

Kamu bisa menghubungi penyedia layanan home sleep test seperti Resindo Medika. Kamu bisa memilih layanan pemasangan alat oleh petugas maupun pemasangan mandiri. Untuk pemasangan mandiri kamu bisa mengikuti video petunjuk yang akan dikirimkan.

Nantinya setelah alat terpasang kamu bisa tidur seperti biasa dengan nyaman dirumah. Keesokan harinya, alat akan dijemput kembali oleh petugas, hasil sleep test pun disampaikan secara online atau dikirimkan ke alamatmu melalui ekspedisi.

Jadi, kamu tidak perlu repot mondar-mandir rumah sakit atau klinik, lebih mudah dan hemat bukan!

Keuntungan Melakukan Sleep Test Mandiri di Rumah

Mungkin kamu masih merasa ragu untuk melakukan sleep test mandiri dirumah, hal ini wajar karena kamu tentu ingin mendapatkan manfaat terbaik untuk kesehatanmu.

Kamu bisa memikirkan kembali pilihanmu dengan mempertimbangkan beberapa keuntungan melakukan sleep test mandiri di rumah berikut ini:

sleep diagnostic test polisomnografi dari rumah oleh resindo medika

Sleep Test Lebih Nyaman

Sleep test mandiri dirumah dapat membantu kamu tidur lebih nyaman karena sudah terbiasa dengan tempat tidur dan suasana kamar. Bagi kamu, yang cenderung sulit tidur ditempat baru karena merasa asing, home sleep test tentu merupakan pilihan yang tepat.

Biaya Sleep Test Lebih Murah

Biaya tes polisomnografi umumnya sudah termasuk biaya kamar serta kebutuhan selama menginap di rumah sakit atau klinik. Kamu bisa memangkas biaya ini dengan melakukan sleep test dari rumah, biaya menjadi lebih murah karena kamu hanya perlu membayar biaya layanan sewa alat saja.

Hasil Sleep Test Tetap Akurat

Meskipun dilakukan dari rumah, tapi hasil sleep test tetap akurat dan bisa diandalkan lho. Pastikan kamu memilih penyedia layanan sleep test yang memiliki kredibilitas baik serta menggunakan alat uji yang mumpuni.

Kesimpulan

Melakukan sleep diagnostic dirumah merupakan cara mengukur kualitas tidur yang mudah dan praktis. Resindo Medika menyediakan layanan home sleep test yang profesional menggunakan alat uji berstandar internasional yang terjamin kualitasnya.

Kamu bisa memilih layanan home sleep test mandiri maupun pemasangan oleh petugas sesuai dengan kenyamananmu. Selain itu, Resindo Medika juga memiliki afililasi dengan berbagai rumah sakit, sleep clinic Jakarta, serta tempat sleep test Jakarta lainnya bagi kamu yang memerlukan layanan khusus. Yuk, cek kualitas tidurmu bersama Resindo Medika!

Sekian informasi mengenai sleep test mandiri di rumah, semoga membantu

× How can I help you?