Terapi CPAP adalah terapi yang bertujuan untuk mengatasi sleep apnea dengan cara mengalirkan tekanan udara untuk menjaga saluran napas tetap terbuka. Tekanan udara akan dihasilkan oleh mesin CPAP dan dialirkan melalui selang dan masker yang digunakan pada saat tidur.

AirSense 10 Autoset adalah salah satu jenis ResMed device yang digunakan untuk terapi CPAP. Mesin CPAP ini digunakan untuk terapi dari rumah sehingga membutuhkan perawatan yang benar agar dapat bekerja dengan baik dan lancar.

Namun, tenang saja karena perawatan alat CPAP tergolong mudah dan dapat kamu lakukan sendiri. Kamu bisa mengikuti panduan lengkap perawatan alat AirSense 10 Autoset di Rumah berikut ini.

Panduan Lengkap Perawatan Alat AirSense 10 Autoset di Rumah

Satu set alat terapi CPAP ResMed AirSense 10 Autoset terdiri dari beberapa bagian seperti mesin, humidifier, selang (tubing), filter udara dan masker. Masing-masing bagian ini memiliki fungsi yang berbeda dan memerlukan perawatan rutin untuk mendukung terapi yang optimal.

Perawatan Mesin AirSense 10 Autoset

Mesin adalah komponen utama dalam satu set lengkap alat terapi CPAP ResMed AirSense 10 Autoset. Kegunaan mesin CPAP adalah untuk menghasilkan tekanan udara yang berperan penting dalam membuka kembali saluran napas yang tersumbat.

AirSense 10 Autoset merupakan jenis mesin APAP (automatic positive airway pressure) dimana mesin mengatur besar tekanan udara secara otomatis sesuai kondisi penyempitan saluran napas yang dialami oleh pasien.

Seiring berjalannya pemakaian, mesin CPAP dapat mengalami penurunan fungsi atau beberapa masalah teknis seperti suara berisik, atau tekanan kurang stabil. Karena itu diperlukan perawatan rutin agar kinerja mesin tetap terjaga.

Bawalah mesin ResMed AirSense 10 Autoset ke service center resmi untuk melakukan maintenance dan kalibrasi rutin setiap satu tahun sekali. Maintenance dan kalibrasi akan menjaga performa mesin tetap presisi dan optimal saat digunakan.

Sedangkan untuk perawatan harian, kamu cukup membersihkan debu yang menempel pada mesin menggunakan lap lembut. Tidak perlu mencuci mesin dengan air dan sabun karena dapat merusak perangkat bagian dalam mesin.

Selain itu, perhatikan pula filter udara pada mesin CPAP. Ganti filter udara setiap 1 bulan sekali atau apabila sudah kotor. Pastikan kamu menggunakan filter udara ResMed original untuk memastikan penyaringan filter berfungsi dengan optimal.

Perawatan Humidfier Mesin CPAP ResMed

Humidfier adalah wadah yang digunakan untuk menampung sejumlah air yang digunakan pada mesin CPPAP. Humidifier berfungsi untuk mengatasi keluhan tenggorokan dan mulut kering saat terapi CPAP. Cara kerja humidifier adalah dengan memanaskan air menjadi uap dan mengalirkannya bersama tekanan udara dari mesin.

Dengan begitu, udara sudah lembap dan hangat saat memasuki hidung dan masalah tenggorokan kering dapat teratasi. Humidfier perlu dibersihkan untuk mencegah munculnya penumpukan kerak air dan bakteri yang dapat ikut terbawa masuk kedalam saluran pernapasan.

Perawatan humidifier ResMed CPAP meliputi pembersihan harian dan mingguan yang dapat kamu lakukan dengan langkah-langkah mudah berikut ini.

perawatan humidifier mesin CPAP ResMed

Cara Membersihkan Humidfier CPAP ResMed Harian

1.   Matikan mesin CPAP dan tunggu beberapa saat hingga humidifier tidak lagi panas

2.   Lepas humidifier dari mesin CPAP dengan cara sedikit menekan bagian atas humidifier dan tarik keluar dari mesin

3.   Buka humidifier dan buang air yang tersisa

4.   Larutkan sedikit sabun cair dengan air dan gunakan untuk mencuci humidifier. Hindari menggunakan sabun yang mengandung detergen atau pembersih yang kuat karena dapat menyisakan residu pada humidifier

5.   Bilas dengan air hingga bersih

6.   Tiriskan humidifier diatas handuk lembut hingga kering. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung.

Cara Membersihkan Humidfier CPAP ResMed Mingguan

1.   Seminggu sekali, rendam humidifier dalam larutan cuka putih dan air dengan ukuran 1:1 (misal: 1 gelas air, 1 gelas cuka putih), selama 15-20 menit

2.   Bilas dengan air hingga bersih

3.   Tiriskan humidifier diatas handuk lembut hingga kering. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung.

Kandungan asam cuka putih dapat berfungsi sebagai disinfectant alami, membersihkan mineral yang menumpuk, mengangkat kotoran dan lemak, serta dapat membunuh bakteri. Apabila kamu tidak memiliki cuka putih, kamu dapat membersihkan humidifier dengan sabun yang lembut atau cairan disinfectant yang aman.

Selain pembersihan harian dan mingguan yang rutin, lakukan juga inspeksi berkala untuk memantau apabila terdapat retakan atau lubang halus yang dapat menyebabkan kebocoran. Segera ganti humidifier dengan yang baru setiap 6 bulan sekali atau apabila sudah berubah warna, retak atau bocor.

Perawatan Selang (Tubing) Mesin CPAP ResMed

Selang (tubing) merupakan penghubung antara mesin dengan masker CPAP. Ada beberapa jenis selang yang dapat kamu pilih sesuai dengan panduan pengguna AirSense 10 Autoset. Namun, tenang saja karena apapun selang yang kamu gunakan, langkah-langkah perawatannya sama dan tidak berbeda.

Selang CPAP tidak perlu dibersihkan setiap hari, cukup pembersihan mingguan rutin dengan langkah-langkah berikut ini.

perawatan selang (tubing) CPAP ResMed

Cara Membersihkan Selang (Tubing) CPAP ResMed Mingguan

1.   Matikan mesin CPAP

2.   Lepaskan selang dari masker dan mesin CPAP

3.   Larutkan sedikit sabun cair dengan air dan gunakan untuk mencuci bagian dalam dan luar selang. Hindari menggunakan sabun yang mengandung detergen atau pembersih yang kuat karena dapat menyisakan residu pada selang.

4.   Bilas dengan air hingga bersih

5.   Tiriskan selang diatas handuk lembut hingga kering. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung.

Selain dibersihkan secara rutin setiap minggu, lakukan juga inspeksi selang secara berkala. Segera ganti selang CPAP setiap 3 bulan sekali atau apabila muncul lubang halus yang dapat menyebabkan kebocoran udara.

Perawatan Masker CPAP ResMed

Masker merupakan salah satu bagian penting yang tidak boleh luput dari perhatian. Masker CPAP perlu dibersihkan setiap hari karena bersentuhan langsung dengan wajah, hidung dan mulut. Minyak, kotoran dan bakteri yang menempel pada masker saat digunakan dapat menumpuk dan menimbulkan rasa tidak nyaman, menyebabkan iritasi, maupun memperpendek masa pakai masker.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara membersihkan masker CPAP yang benar, kamu perlu lebih dulu memahami bagian-bagian masker berikut:

Setiap bagian masker memiliki masa pakai dan memerlukan perawatan yang berbeda. Kamu dapat mengikuti langkah-langkah perawatan Masker CPAP ResMed berikut ini:

perawatan masker CPAP ResMed

Cara Membersihkan (Cushion dan Elbow) Masker CPAP ResMed Harian

1.   Matikan mesin CPAP.

2.   Lepaskan masker CPAP dari selang.

3.   Lepaskan masing-masing bagian masker (cushion, elbow, frame dan headgear).

4.   Larutkan sedikit sabun cair dengan air dan gunakan untuk mencuci cushion, elbow, frame dan headgear. Gosok dengan lembut untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang menempel.

5.   Hindari menggunakan sabun yang mengandung detergen atau pembersih yang kuat karena dapat menyisakan residu.

6.   Bilas dengan air hingga bersih.

7.   Tiriskan cushion, elbow, frame, dan headgear diatas handuk lembut hingga kering. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung.

Cara Membersihkan (Cushion) Masker CPAP ResMed dengan CPAP Wipes

1.   Matikan mesin CPAP.

2.   Lepaskan masker CPAP dari selang.

3.   Lepaskan cushion dari masker.

4.   Ambil selembar CPAP Wipes dan lap lembut cushion untuk mengangkat kotoran dan minyak.

5.   Pasang kembali cushion pada masker, dan buang CPAP Wipes yang telah digunakan.

6.   Masker CPAP dapat langsung digunakan.

Membersihkan masker CPAP dengan CPAP Wipes memang terkesan lebih praktis, namun kamu tetap perlu mencuci masker dengan air seminggu sekali beserta partisi lainnya untuk mencegah terjadinya penumpukkan bakteri.

Selain membersihkan masker secara rutin, kamu juga perlu melakukan inspeksi berkala. Inspeksi masker CPAP dilakukan pada masing-masing bagian masker, tidak terbatas pada satu bagian saja. Segera ganti partisi masker sesuai dengan jadwal berikut :

·         Cushion : setiap 1 bulan sekali, atau apabila silicon sudah robek, bocor atau berubah warna (menguning)

·         Frame : setiap 3 bulan sekali, atau apabila sudah patah atau rusak

·         Headgear : Setiap 8 bulan sekali atau apabila sudah kendur dan putus

Kesimpulan

Terapi CPAP yang sukses dan berhasil tidak hanya bergantung pada seberapa sering pemakaian alat atau berapa besar tekanan yang diresepkan semata. Tapi juga, pada kebersihan alat-alat yang digunakan.

Alat terapi CPAP yang terawat akan meningkatkan rasa nyaman dan mendorong penggunanya untuk terus menggunakan CPAP setiap malam dalam durasi yang ideal. Selain itu, penggantian alat terapi juga dapat mencegah kebocoran udara dan meningkatkan efektivitas terapi.

Apabila kamu membutuhkan penggantian alat-alat terapi ResMed atau memerlukan maintenance dan kalibrasi. Kamu dapat menghubungi Resindo Medika. Resindo Medika adalah distributor dan service center resmi ResMed di Indonesia sejak tahun 2004.

Dapatkan alat terapi ResMed original dan bergaransi dengan harga spesial hanya di Resindo Medika. Kamu dapat menghubungi Resindo Medika melalui whatsapp hotline maupun datang langsung ke kantor yang berlokasi di Jakarta Selatan.

Sekian informasi mengenai panduan perawatan alat AirSense 10 Autoset di Rumah. Semoga membantu ya.

Source:

ResMed: How to Clean Your CPAP Equipment. Diakses 2022.

ResMed: How to clean my mask?. Diakses 2022.

Healthline: Vinegar: The Multipurpose, Chemical-Free Household Cleaner You Should Know About. Diakses 2022.

Masks

Devices

Diagnostic Devices

Accessories

Calibration RESMED Device

Maintenance RESMED Device

Rental Resmed Device

Sleep Diagnostic Test: Apnealink™

Sleep Diagnostic Test: ApneaLink™ Plus

Sleep Diagnostic Test: SOMNOscreen™ Plus

Sleep Diagnostic Test: SOMNOtouch™ RESP

SOMNOtouch™ NIBP Monitoring Test

× How can I help you?