Apakah Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik ?

Perjalanan Anda menuju tidur yang sehat dimulai dari sini.

Jika saat Anda bangun merasa kurang segar dan lelah, biasanya Anda kurang mendapatkan tidur yang berkualitas seperti yang Anda butuhkan. Kurangnya kualitas tidur yang baik bukan saja berarti mengantuk seharian penuh, tapi juga memiliki efek jangka panjang pada kesehatan Anda. Kurangnya kualitas tidur yang baik tidak hanya berefek pada Anda saja, melainkan juga pada seluruh keluarga Anda.

Saat Anda tidur, tubuh Anda bekerja dengan kerasnya

Bayangkan tubuh Anda adalah sebuah pabrik. Saat Anda mulai tertidur, tubuh Anda memulai jadwal kerja malamnya, menyembuhkan sel-sel yang rusak, meningkatkan daya tahan tubuh, memulihkan tubuh dari aktifitas sehari-hari, serta mengisi kembali sistem jantung dan kardiovaskular untuk keesokan harinya. Walaupun demikian, dalam kehidupan yang sibuk ini, banyak dari kita tidak mendapatkan kualitas tidur yang cukup yaitu 7 – 9 jam yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsi-fungsi tersebut di atas.

Apa yang terjadi jika kita tidak mendapatkan tidur yang cukup?

Bagian yang pertama dan yang mengalami efek paling besar adalah di otak. Kita merasa ngantuk, mengalami perubahan suasana hati, penurunan stamina serta ingatan.Kemampuan kita untuk mengambil keputusan berkurang dan keinginan untuk makan bertambah. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang mengantuk lebih memilih makanan dengan kandungan karbohidrat & lemak yang tinggi1.

 

Fase tidur REM dan NREM (non-REM)

Ada dua fase tidur yang selalu berulang-ulang: REM (pergerakan mata cepat) serta NREM (pergerakan mata lambat). Tahap-tahap yang berbeda saat tidur penting untuk fungsi-fungsi yang berbeda dalam tubuh. Contohnya hormon yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang hanya dilepaskan saat fase tidur yang terakhir, yakni NREM (pergerakan mata lambat).

Jika tidur kita terganggu oleh faktor lain di luar tubuh kita, seperti misalnya lingkungan yang berisik, atau memiliki gangguan tidur karena pola fase tidur NREM (pergerakan mata lambat) dan REM (pergerakan mata cepat) yang terganggu, kita akan kehilangan kesempatan untuk proses perbaikan tubuh yang sangat vital.Kita bangun dalam keadaan letih serta sulit untuk menjalani kehidupan ini seutuhnya. Kita juga mungkin akan mengalami gangguan kesehatan jangka panjang karenanya.

Tidur itu sangat penting untuk kesehatan

Tidur yang cukup sama pentingnya dengan makanan serta olahraga yang teratur. Jika Anda merasa memiliki gangguan tidur, hubungi dokter Anda hari ini juga.

Beberapa tips berguna untuk tidur malam yang berkualitas

Yang harus Anda lakukan
  • Pergi tidur dan bangun pagi pada waktu yang sama setiap hari. Tubuh Anda memiliki jam biologis serta terbiasa dengan ritme dan rutinitas yang ada. Menjalankan ritme dan rutinitas yang sudah Anda tetapkan, bahkan pada akhir minggu ataupun jika tidur Anda kurang pada malam sebelumnya.
  • Pahami kebutuhan tidur Anda. Kebanyakan orang membutuhkan paling sedikit 7 – 9 jam waktu tidur untuk menjaga ingatan serta fungsi otak.
  • Habiskan waktu beberapa saat di bawah sinar matahari karena membantu meningkatkan produksi melatonin pada tubuh Anda. Melatonin adalah hormon yang memberitahu Anda kapan harus tidur dan kapan harus bangun.
  • Ciptakan suasana yang nyaman. Pastikan kamar tidur Anda sejuk, tenang serta gelap. Hindari suara-suara dan cahaya yang mengganggu. Jika Anda tidak memiliki tempat tidur atau bantal yang nyaman, pertimbangkan untuk menggantinya.
  • Hindari menonton televisi, menggunakan komputer atau makan di kamar tidur. Otak Anda harusnya mengasosiasikan kamar tidur Anda dengan tidur.
  • Tenanglah dan rasakan hangatnya sebelum tidur. Baca buku atau mandi atau berendam di air hangat dapat membantu Anda melepas lelah serta kepenatan sebelum tidur.
Jangan lakukan berikut ini
  • Minum kopi di malam hari. Hindari teh, kopi, minuman berkarbonasi serta coklat. Sebagai gantinya minumlah minuman herbal/jamu.
  • Minum minuman beralkohol sebelum tidur karena mengganggu tidur dan membuat Anda terbangun lebih awal serta harus lebih sering ke kamar kecil. Minuman beralkohol memperburuk dengkuran Anda serta kondisi gangguan henti nafas.
  • Berolahraga sebelum tidur karena akan menstimulasi tubuh Anda sehingga sulit untuk tidur. Pastikan Anda selesai berolahraga setidaknya dua jam sebelum waktu tidur.
  • Mengkonsumsi makanan berat, pedas atau manis sebelum tidur – ataupun pergi tidur dalam keadaan lapar. Cemilan ringan mungkin dapat membantu Anda untuk tidur jika Anda lapar.
  • Merokok sebelum tidur karena nikotin merupakan stimulan yang membuat Anda lebih susah lagi untuk tidur. Ada begitu banyak keuntungan jika Anda berhenti merokok.
  • Tidur di siang hari karena hal ini mengurangi kebutuhan tubuh Anda untuk tidur di malam hari.
  • Menonton acara tv yang menarik, bermain game komputer, membayar tagihan online, atau mendiskusikan sesuatu di kamar tidur.Segala sesuatu yang membuat otak Anda terjaga dapat membuatnya sulit untuk tidur.

Download Brochure

1. Morselli L, Leproult R, Balbo M, Spiegel K. Peran dari lamanya waktu tidur dalam pengaturan metabolisme glukosa dan selera makan. Best Pract Res Clin Endocrinol Metab 2010 Oct; 24(5):687-702. Sebagian dari penelitian ini didukung oleh dana hibah US National Institute of Health

Leave a Reply

Your email address will not be published.