Manfaat Merawat dan Membersihkan Masker CPAP Secara Rutin

Terapi CPAP bertujuan untuk mengatasi sleep apnea dengan mengalirkan tekanan udara menuju saluran pernapasan saat tidur. Namun tahukah kamu bahwa efektifitas terapi masih bisa menurun meskipun kamu sudah menggunakan terapi CPAP secara rutin?

Terapi CPAP terdiri dari 3 komponen utama yaitu alat terapi atau CPAP machine, selang atau tubing CPAP, dan masker. Masker CPAP adalah bagian penting yang mengalirkan tekanan udara ke dalam saluran pernapasan. Masker perlu dirawat dan dibersihkan secara teratur untuk mendukung manfaat terapi yang optimal.

Sayangnya, masih banyak pengguna yang kurang memahami pentingnya menjaga dan merawat kebersihan masker CPAP. Padahal, tanpa pembersihan yang benar dan penggantian suku cadang masker CPAP yang terjadwal, kamu mungkin tidak mendapatkan hasil terapi yang optimal.

Jangan sampai terapi CPAP jadi sia-sia. Mari jaga manfaat terapi tetap maksimal dengan mengenal bagian-bagian masker CPAP, serta apa saja manfaat merawat dan membersihkan masker CPAP secara rutin berikut ini.

Mengenal Bagian-Bagian Masker CPAP

Masker CPAP terdiri dari beberapa bagian yang memiliki cara perawatan dan jadwal penggantian berbeda. Dengan mengenali masing-masing bagian masker CPAP ini kamu akan lebih mudah memahami apa saja yang perlu diperhatikan saat melakukan pengecekan kondisi masker serta kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian suku cadang.

bagian-bagian-masker-CPAP-ResMed-Resindo-Medika

Bagian-bagian masker CPAP ResMed

Secara umum apapun tipe dan modelnya, masker CPAP terbagi menjadi beberapa bagian berikut:

Cushion

berbagai-cushion-masker-cpap-resmed

Berbagai jenis cushion masker CPAP ResMed

Cushion adalah bagian paling utama dari masker CPAP yang berfungsi untuk mengarahkan aliran tekanan udara masuk ke dalam hidung dan saluran pernapasan pasien. Cushion CPAP mask umumnya terbuat dari plastik kokoh dengan silicon atau foam lembut pada bagian bawah yang menempel ke kulit.

Cushion masker CPAP adalah bagian yang bersentuhan secara langsung dengan hidung dan mulut, sehingga sangat penting untuk dijaga kebersihannya. Bersihkan cushion masker CPAP setiap hari untuk menghilangkan bakteri, kotoran, dan minyak yang menempel setelah digunakan.

Untuk cushion berbahan silicon, hindari pembersih yang mengandung alkohol tinggi karena dapat membuat silicon cepat mengeras sehingga tidak dapat menempel dengan erat dan presisi pada wajah serta terasa tidak nyaman lagi saat digunakan.

Kamu juga perlu melakukan inspeksi berkala pada bagian silicon cushion. Munculnya robekan atau lubang kecil dapat menyebabkan kebocoran udara. Selain itu, umur cushion yang sudah terlalu lama juga dapat membuat tekstur silicon menjadi lebih lembek dan tidak dapat menahan tekanan udara dengan optimal. Idealnya, cushion masker CPAP harus diganti setiap 1 bulan sekali.

Elbow

berbagai-elbow-masker-cpap-resmed-resindo-medika

Berbagai jenis elbow masker CPAP ResMed

Elbow adalah bagian dari masker CPAP yang berfungsi menghubungkan masker dengan selang CPAP. Elbow biasanya berbentuk konektor atau tube pendek kecil yang bisa dilepas pasang dengan mudah. Bentuk dan ukuran elbow berbeda-beda pada tiap jenis masker.

Pada AirFit N20 Nasal Mask dan AirFit P10 Nasal Pillow Mask, elbow berupa tubing pendek fleksibel yang lentur dan dapat merenggang. Pada jenis elbow ini, kamu perlu memperhatikan apakah ada lubang-lubang kecil atau robekan halus yang muncul. Meskipun tampak sepele, tapi kerusakan kecil tersebut dapat menyebabkan kebocoran udara yang menyebabkan terapi tidak efektif.

Selain elbow tubing pendek, ada juga tipe elbow berbentuk konektor yang langsung menghubungkan masker dengan selang CPAP seperti pada AirFit F20 Full Face Mask, AirFit N30i Nasal Cradle, dan AirFit P30i Nasal Pillow Mask. Kamu perlu perhatikan apakah ada retakan atau bagian kecil yang patah karena dapat mengakibatkan elbow tidak terpasang dengan benar.

Idealnya, elbow harus dibersihkan setiap hari dan diganti setiap 8 bulan sekali atau apabila sudah mengalami kerusakan.

Frame

frame-masker-resmed-resindo-medika

Berbagai jenis frame masker CPAP ResMed

Frame adalah bagian dari masker CPAP yang berfungsi seperti bingkai tempat cushion terpasang dan terhubung dengan tali masker. Frame terbuat dari bahan yang kokoh dan sedikit lentur serta dilapisi dengan kain lembut pada sisi yang menyentuh kulit wajah.

Frame masker tidak harus dicuci sesering cushion dan elbow. Frame masker CPAP dapat dibersihkan setiap 2 hari sekali atau apabila sudah kotor. Selain itu, frame juga perlu diganti setiap 3 bulan sekali atau apabila sudah patah dan rusak.

Headgear

berbagai-headgear-masker-airfit-resmed-resindo-medika

Berbagai jensi headgear masker CPAP ResMed

Headgear adalah tali masker CPAP yang memungkinkan seluruh bagian masker dapat digunakan dengan pas dan nyaman. Headgear masker CPAP dilengkapi dengan pengunci dan strap yang berfungsi untuk menyesuaikan tingkat kekencangan masker.

Headgear umumnya terbuat dari bahan yang breathable, lembut dan elastis. Kamu perlu mencuci  headgear masker setiap dua hari sekali atau setiap hari apabila kamu cenderung mudah berkeringat saat tidur. Hindari menggosok bagian velcro terlalu kasar agar daya rekat masker tidak menurun.

Segera ganti headgear setelah 8 bulan atau apabila sudah kendur, putus, robek, atau pengunci velcro tidak menempel erat lagi. Headgear yang tidak kencang dapat menyebabkan masker CPAP terasa tidak pas digunakan, tidak nyaman dan masker mudah mengalami kebocoran udara.

Manfaat Membersihkan Masker CPAP

Membersihkan dan merawat masker CPAP mungkin terkesan seperti tugas rumah tambahan yang merepotkan bagi beberapa orang. Padahal, menjaga kebersihan masker CPAP bisa memberikan manfaat yang maksimal lho. Manfaat membersihkan masker CPAP antara lain:

Tidur Lebih Nyenyak

Masker CPAP yang bersih dan terawat terasa nyaman saat digunakan. Dengan begitu tidur menjadi lebih nyenyak dan pulas sepanjang malam. Bahkan pengguna yang rutin membersihkan dan mengganti aksesoris masker CPAP tidur 24% lebih lama saat menggunakan alat terapi CPAP.

Lebih Betah Menggunakan Alat Terapi CPAP

Membersihkan dan merawat masker CPAP bermanfaat untuk membuat kamu menjadi lebih betah menggunakan alat terapi CPAP. Penggunaan CPAP yang rutin dapat mengatasi sleep apnea dengan efektif sehingga tubuh menjadi lebih segar dan berenergi.

Terapi Efektif dan Optimal

Masker CPAP yang bersih mendukung pemakaian alat terapi yang rutin. Pengguna tidak merasa tertekan dan dapat terus menggunakan terapi CPAP dengan konsisten. Selain itu, aksesoris terapi yang terjaga kualitasnya juga mencegah terjadinya faktor-faktor kegagalan terapi CPAP dan memberikan hasil terapi yang maksimal.

Jadwal Membersihkan dan Mengganti Komponen Masker CPAP

jadwal-perawatan-dan-penggantian-masker-cpap-resindo-medika

Jadwal perawatan dan penggantian masker CPAP ResMed

Sekarang kamu sudah tahu bukan pentingnya membersihkan dan mengganti bagian-bagian masker CPAP secara rutin dan teratur. Nah untuk memudahkanmu mengingat, kamu bisa menyimpan jadwal membersihkan dan mengganti komponen masker CPAP berikut ini.

  • Cushion : Cuci setiap hari, ganti setiap 1 bulan sekali atau apabila cushion mengeras, berubah tekstur menjadi lembek, berubah warna, retak, maupun robek.
  • Elbow : Cuci setiap hari, ganti apabila elbow berubah warna, rusak dan retak
  • Frame : Cuci setiap 1-2 hari, ganti setiap 3 bulan atau apabila frame patah dan rusak
  • Headgear : Cuci setiap 1-2 hari, ganti setiap 8 bulan atau apabila headgear sudah kendur dan tidak elastis lagi

Kesimpulan

Menjaga kebersihan dan melakukan perawatan masker CPAP penting dilakukan untuk mendapatkan manfaat terapi CPAP yang maksimal. Jangan sampai, terapi yang sudah dilakukan setiap malam menjadi sia-sia dan tubuh masih mengalami gejala sleep apnea yang mengganggu.

Pastikan kamu mendapatkan aksesoris pengganti masker CPAP yang orisinal dan berkualitas hanya di Resindo Medika. Resindo Medika adalah distributor resmi ResMed di Indonesia sejak tahun 2004, aksesoris dan suku cadang terapi CPAP di Resindo Medika tersedia lengkap, asli dan terdaftar secara resmi sesuai standar regulasi di Indonesia.

Yuk, mulai bersihkan dan rawat masker CPAP mu secara rutin ya. Semoga informasi ini membantu.

ResMed: Replacing CPAP supplies and equipment. Diakses 2023.

ResMed: 3 reasons to replace your CPAP mask parts regularly. Diakses 2023.

ResMed: Benefits of regularly cleaning and replacing your CPAP mask. Diakses 2023.

× How can I help you?